Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas
pelayanan dan iklan terhadap keputusan pembelian online serta tinjauannya dalam
sudut pandang Islam pada situs jual beli Lazada . Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah dengan purposive sampling yang terdapat di Non-Probability
Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100
responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda
dengan Uji t dan Uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pada situs
jual beli lazada pada Mahasiswa/i Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Yarsi. (2) kualitas pelayanan berpengaruh postif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian online pada situs jual beli lazada pada Mahasiswa/i
Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Yarsi. (3) iklan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pada situs jual beli
lazada pada Mahasiswa/i Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Yarsi. (4) kepercayaan, kualitas pelayanan dan iklan Secara simultan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pada situs jual beli
lazada pada Mahasiswa/i Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Yarsi. Menurut sudut pandang Islam, bahwa suatu keputusan membeli produk
diperintahkan sesuai dengan kebutuhan dan kemaslahatan dan tidak boleh yang
mengandung unsur penipuan dan gharar. Hukum jual beli salam diperbolehkan,
sesuai dengan Al-Qur’an dan hadits Rasulullah yang menganjurkan bahwa ketika
melakukan jual beli salam harus memperhatikan kualitas, kualitas dan waktu yang
tepat. Dan hendaklah mengutamakan kejujuran dalam memberikan informasi dalam
mempromosikan suatu produk kepada pelanggan. Oleh karena itu, kepercayaan,
kualitas pelayanan dan iklan yang diberikan Lazada dinilai sudah sesuai dengan
syariat Islam.
|