Pilih Bahasa  
Book's Detail
Virtual Reality Sebagai Penginduksian Emosi Negatif di Indonesia Serta Tinjauannya Dalam Islam

Emosi merupakan motif penggerak dalam menjalani kehidupan bagi manusia. Penginduksian emosi diperlukan untuk memahami efek perilaku dan penentu neurobiologis emosi manusia. Penginduksian emosi dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, salah satunya dengan virtual reality. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan virtual reality sebagai alat menginduksi emosi negatif pada responden di Indonesia. Partisipan penelitian berjumlah 20 mahasiswa dengan rentang usia 18-25 tahun. Manipulasi emosi dalam penelitian menggunakan metode menonton video immersive untuk menginduksi emosi negatif yang diukur dengan skala Emotional Baseline. Hipotesa penelitian diuji dengan menggunakan teknik statistik Paired Sampel T test dan Wilcoxon Signed-rank test. Hasil uji hipotesa menunjukan bahwa virtual reality dapat menginduksi emosi negatif dari kelima emosi yang diujkan, hanya emosi marah yang mendapat hasil signifikan antara sebelum dan sesudah eskperimen. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai suatu rujukan database video immersive dalam penelitian penginduksian emosi menggunakan virtual reality. Disamping itu, terdapat kesesuaian hasil penelitian utama dengan pandangan Islam bahwa virtual reality bermanfaat untuk kemajuan teknologi terutama sebagai media untuk menuntut ilmu.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Ali, Fachry - Personal Name
Pembimbing 1 Novika Grasiaswaty
Pembimbing 2 Karimulloh
Pembimbing 3
Edisi
No. Panggil S-359-PSI
ISBN/ISSN
Subyek VIRTUAL REALITY
EMOSI NEGATIF
Klasifikasi S-359-PSI
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas YARSI
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik
Abstrak / Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...