Vehicular Ad-Hoc Network Vehicular ad-hoc network (VANET) adalah sebuah
komunikasi secara langsung antara kendaraan bergerak menggunakan jaringan Ad hoc.
Setiap kendaraan yang dilengkapi dengan perangakat wireless dapat membentuk suatu
jaringan VANET. Pada skripsi ini dilakukan simulasi VANET untuk pemantauan lalu
lintas di jalan Gondangdia. Dimana kondisi lalu lintas di jalan Gondangdia ramai dengan
kendaraan dan memiliki 2 jalur dalam satu lajur. Simulasi dilakukan untuk
membandingkan kinerja protocol routing TORA (Temporally Ordered Routing
Algorithm) dan ZRP (Zone Routing Protocol). Simulation of Urban Mobility atau disebut
juga SUMO merupakan sebuah program open source simulator lalu lintas jalan yang
memungkinkan pengguna untuk membangun simulasi pergerakan kendaraan pada
topologi jaringan VANET yang disesuaikan. Pergerakan node diasumsikan mengikuti
model RandomTrips. Untuk kinerja TORA dan ZRP dibandingkan dengan jumlah node
yang berbeda-beda dalam tiga kali percobaan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
packet delivery ratio protocol ZRP memiliki hasil lebih baik dibandingkan protocol
TORA dengan hasil terbaik 98.98% pada jumlah node 75, end to end delay protocol ZRP
juga memiliki hasil lebih baik dibandingkan TORA dengan hasil terbaik 87.58 milidetik
pada jumlah node 50, hasil throughput juga menunjukkan bahwa protocol ZRP lebih baik
dibandingkan TORA dengan hasil terbaik 532.26 Kbps pada jumlah node 50. Penggunaan
protocol ZRP pada jaringan VANET terbukti lebih baik dibandingkan protocol TORA.
Dalam tinjauan Islam, hal ini memberikan manfaat dalam efisiensi waktu khususnya saat
berkendara dan penghematan bahan bakar minyak akibat kemacetan. Hal ini sejalan
dengan prinsip Islam yang menghargai waktu, dan pentingnya memiliki sifat hemat dan
tidak boros.
|