ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM LIA PRAMUKA | |
---|---|
Penelitian ini membahas tentang analisis kepuasan pengguna dengan menggunakan metode LibQUAL+TM di Perpustakaan Umum LIA Pramuka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan berdasarkan dimensi, affect of service, access of information, personal control, dan library as place di Perpustakaan Umum LIA Pramuka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang pengambilan datanya dilakukan dalam melalui penyebaran kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah rata-rata jumlah pengguna yang datang selama satu bulan yang berjumlah 500 orang. Dari populasi tersebut ditentukan jumlah sampel berdasarkan rumus Slovin, dan diperoleh sampel berjumlah 84 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan secara keseluruhan dari empat dimensi LibQUAL+TM di Perpustakaan Umum LIA Pramuka menunjukan bahwa adequacy gap (AG) yang bernilai positif dengan skor 0.7 menunjukan pengguna cukup puas atas kualitas layanan. Superiority gap (SG) bernilai negatif dengan skor sebesar -0.5 yang menunjukan bahwa kualitas layanan dinilai baik dan berada dalam batas toleransi (zone of tolerance), namun belum mampu memenuhi harapan sesungguhnya yang diinginkan pemustaka. |
|
Pernyataan Tanggungjawab | |
Pengarang | DANUSWARA, GEMA - Personal Name |
Pembimbing 1 | Pranajaya |
Pembimbing 2 | Maulana, Aya Yahya |
Pembimbing 3 | |
Edisi | |
No. Panggil | S-239-IP |
ISBN/ISSN | |
Subyek | SERVICE QUALITY LIBQUAL GENERAL LIBRARY |
Klasifikasi | S-239-IP |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Universitas YARSI |
Tahun Terbit | 2020 |
Tempat Terbit | Jakarta |
Deskripsi Fisik | xii, 69 hlm., 28 cm |
Abstrak / Info Detil Spesifik | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |