TINJAUAN YURIDIS PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MELALUI MEDIASI DI BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN PROVINSI DKI JAKARTA (Studi Kasus Penetapan Nomor: 004/PNTP/BPSKI-DKI/I/2018) | |
---|---|
Badan peyelesaian sengketa konsumen atau disebut dengan BPSK merupakan suatu badan yang bertugas menangani dan menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha di luar pengadilan. Dengan menggunakan metode penelitian normatif/kepustakaan, dengan pendekatan konseptual dan perundang-undangan serta kasus, maka hasil dari penelitian ini adalah pertama, bagi konsumen yang merasa hak-haknya telah dirugikan dapat mengajukan permohonan penyelesaian sengketa ke Sekretariat BPSK terdekat. Dalam persidangan mediasi Majelis berperan aktif sebagai mediator untuk mendamaikan konsumen dengan pelaku usaha dengan memberikan nasehat petunjuk, saran, dan upaya-upaya lain dalam menyelesaikan sengketa. Kedua, sebagai tanggungjawab atau itikad baik dari BUKALAPAK.COM selaku penyedia layanan jual beli online, bersedia mengembalikan seluruh uang yang telah konsumen kirimkan ke pelaku usaha secara transfer ke Buka Dompet milik konsumen setelah konsumen membuat akun di BUKALAPAK.COM. Ketiga, menurut pandangan Islam jual beli online hukumnya mubah sedangkan akadnya menggunakan akad salam. Apabila terjadi sengketa dapat diselesaikan dengan cara sulh dan BPSK yang wewenangnya seperti lembaga Al-Hisbah. |
|
Pernyataan Tanggungjawab | |
Pengarang | SETIAWAN, REYNALDI - Personal Name |
Pembimbing 1 | Shofie, Yusuf |
Pembimbing 2 | Mahmud, Amir |
Pembimbing 3 | |
Edisi | |
No. Panggil | S-615-FH |
ISBN/ISSN | |
Subyek | PENYELESAIAN SENGKETA - HUKUM BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN |
Klasifikasi | S-615-FH |
Judul Seri | |
GMD | Text |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Universitas YARSI |
Tahun Terbit | 2020 |
Tempat Terbit | Jakarta |
Deskripsi Fisik | xiii, 68 hlm., 28 cm |
Abstrak / Info Detil Spesifik | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |