Pilih Bahasa  
Book's Detail
HUBUNGAN PERSEPSI MENGENAI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TAHAP AKADEMIK FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS YARSI

Lingkungan pendidikan dan motivasi belajar merupakan faktor-faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Lingkungan pendidikan adalah faktor
eksternal, merupakan tempat atau keadaan yang mempengaruhi proses perubahan
tingkah laku dan pendidikan mahasiswa. Motivasi belajar adalah faktor internal,
merupakan keyakinan yang ada di dalam diri mahasiswa, yang akan mendorong
kesuatu tujuan pendidikan. Prestasi belajar mahasiswa kedokteran gigi
dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan persepsi mengenai lingkungan pendidikan terhadap
motivasi belajar mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas
YARSI. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional dengan metode
total sampling terhadap mahasiswa tahap akademik. Penelitian ini menggunakan
dua kuesioner yaitu Dundee Ready Education Environment (DREEM) dan
Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Hasil tingkat persepsi
mengenai lingkungan pendidikan adalah sedang (82,7%) dan tingkat motivasi
belajar mahasiswa adalah tinggi (73,3%). Hasil penelitian terdapat hubungan yang
signifikan antara persepsi mengenai lingkungan pendidikan terhadap motivasi
belajar mahasiswa dengan nilai P adalah 0,000 (P

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang SHOLEHA, DEWI SHINTA - Personal Name
Pembimbing 1 Ardinansyah, Agus
Pembimbing 2 Riani, Siti Nur
Pembimbing 3
Edisi
No. Panggil S-171-KG
ISBN/ISSN
Subyek EDUCATION
MOTIVATION
Klasifikasi S-171-KG
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas YARSI
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik xiv, 87 hlm., 28 cm
Abstrak / Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...