Vehicular Ad-Hoc Networks Vehicular ad-hoc networks (VANET) adalah sebuah
komunikasi secara langsung antara kendaraan bergerak menggunakan jaringan Ad hoc.
Setiap kendaraan yang dilengkapi dengan perangkat wireless dapat membentuk suatu
jaringan VANET. Pada skripsi ini dilakukan simulasi VANET untuk pemantauan lalu
lintas di jalan Cempaka Putih Tengah. Simulasi dilakukan untuk membandingkan unjuk
kinerja protokol routing DSDV (Destination Sequenced Distance Vector) dan ZRP
(Zone Routing Protocol). Simulation of Urban Mobility atau biasa dikenal dengan
SUMO merupakan sebuah program open source simulator lalu lintas jalan yang
memungkinkan pengguna untuk membangun simulasi pergerakan kendaraan pada
topologi jaringan VANET yang disesuaikan. Simulasi menggunakan NS-2.35 pada
oprating system UBUNTU 14.04. Pergerakan node diasumsikan mengikuti model
RandomTrips. Unjuk kinerja DSDV dan ZRP dibandingkan dengan jumlah node yang
berbeda-beda. Hasil pengujian menujukan bahwa packet delivery ratio protokol DSDV
memiliki hasil lebih tinggi dibandingkan ZRP, dan end to end delay DSDV lebih kecil
dibandingkan ZRP, serta troughput pada DSDV lebih tinggi dibandingkan ZRP.
Penggunaan protokol DSDV pada jaringan VANET terbukti lebih baik dan cepat
dibandingkan protokol ZRP. Dalam tinjauan Islam, hal ini memberikan manfaat dalam
efisiensi waktu khususnya dalam saat berkendara dan saat terjadinya kecelakaan,
karena semakin cepat informasi dan komunikasi yang didapat maka semakin banyak
nyawa manusia yang diselamatkan. Hal ini sejalan dengan prinsip Islam yang
menghargai waktu, pentingnya komunikasi dan informasi dan menjaga kehidpan.
|