| Perpustakaan Khusus merupakan perpustakaan yang diselenggarakan oleh lembaga atauinstansi negara, pemerintah, pemerintah daerah ataupun lembaga atau instansi yang
 layanannya diperuntukkan bagi pengguna di lingkungan lembaga atau instansi yang
 bersangkutan (Hasugian 2009, hlm 81). Perpustakaan Khusus juga harus sejalan dengan
 visi misi dan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan lembaga yang
 menaunginya. Peneliti membuat penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi
 pengguna terhadap kualitas layanan yang sudah diberikan oleh Perpustakaan
 Circullation Desk Metro TV Jakarta kepada Pengguna dilingkungan Metro TV. Metode
 yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Metode LibQual+TMyang
 merupakan metode untuk mengukur kualitas layanan dari suatu perpustakaan yang
 berdasarkan empat dimensi yakni, Service of Affect, (Kemampuan dan sikap
 Pustakawan dalam melayani pengguna), Library as Place (Perpustakaan sebagai sebuah
 tempat), Personal Control (Petunjuk dan sarana akses), serta Information Access (Akses
 Informasi). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner sebanyak 24
 Responden dan kuesioner yang kembali pada peneliti sebanyak 20 Responden. Hasil
 dari penelitian ini menunjukkan kualitas layanan pada Adequacy Gap (Tingkat
 Kepuasan Pengguna), menunjukkan hasil yang Positif yakni 0,2 yang artinya, pengguna
 sudah merasa Cukup Puas dengan layanan yang diberikan oleh Perpustakaan.
 Sedangkan pada Superiority Gap menunjukkan hasil yang Negatif yakni -0,7 yang
 artinya, kualitas layanan yang sudah diberikan oleh perpustakaan kepada pengguna
 berada pada area Batas Toleransi (Zone of Tolerance).
 |