Perbedaan School Well-Being Antara Siswa Sekolah Dasar Konvensional dengan Siswa Sekolah Dasar Alam serta Tinjauannya dalam Islam | |
---|---|
Terdapat perbedaan antara sekolah dasar konvensional dengan sekolah dasar alam mulai dari tempat belajar, peran guru, dan metode belajar dalam upaya sekolah memenuhi kebutuhan dasar siswa sehingga terdapat perbedaan penilaian pada siswa tentang sekolahnya. Penilaian siswa terhadap sejauh mana keadaan sekolah dapat memenuhi kebutuhan dasar siswa, dalam istilah psikologi disebut dengan school well-being. Konu dan Rimpela membagi school well-being menjadi empat dimensi, yaitu: having, loving, being, dan health. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan school well-being antara sekolah dasar konvensional dengan siswa sekolah dasar alam. Penelitian ini menggunakan metode sequential explanatory mixed-method analysis serta teknik sampling convenience sampling. Berdasarkan uji beda terhadap 132 responden ditemukan terdapat perbedaan school well-being antara siswa sekolah dasar konvensional dengan siswa sekolah dasar alam, dalam dimensi loving (U=1381, p |
|
Pernyataan Tanggungjawab | |
Pengarang | Prabawa, Fara Ristanty - Personal Name |
Pembimbing 1 | Kumalasari, Dewi |
Pembimbing 2 | Karimulloh |
Pembimbing 3 | |
Edisi | |
No. Panggil | S-321-PSI |
ISBN/ISSN | |
Subyek | SEKOLAH DASAR SCHOOL WELL-BEING |
Klasifikasi | S-321-PSI |
Judul Seri | - |
GMD | Text |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Universitas YARSI |
Tahun Terbit | 2019 |
Tempat Terbit | Jakarta |
Deskripsi Fisik | xv, 91 hlm., 28 cm |
Abstrak / Info Detil Spesifik | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |