Pilih Bahasa  
Book's Detail
Peran Mindful Parenting terhadap Stres Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Usia Sekolah Dasar dan Tinjauannya dalam Islam

Mengasuh anak usia sekolah dasar merupakan salah satu tugas ibu yang penuh tantangan sehingga jika ibu tidak mampu mengatasi tantangan ini, maka ibu rentan mengalami stres pengasuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mindful parenting terhadap stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak usia sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain asosiatif. Partisipan penelitian berjumlah 110 ibu berusia 28-46 tahun. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah sampling insidental. Alat ukur Parental Stress Scale (PSS) memiliki reliabilitas 0,906 dan digunakan untuk mengukur stres pengasuhan kemudian alat ukur Mindfulness in Parenting Scale (MIPQ) memiliki reliabilitas 0,818 digunakan untuk mengukur mindful parenting. Hipotesa penelitian diuji dengan menggunakan teknik statistik Uji Regresi Linear Sederhana. Hasil uji hipotesa menunjukkan bahwa terdapat peran signifikan mindful parenting terhadap stres pengasuhan. Menurut perspektif Islam, mindful parenting dapat membantu ibu menjalankan tanggung jawabnya sebagai orangtua dengan memberikan perhatian yang tepat pada anak dan mengurangi stres pengasuhan yang dialaminya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai suatu rujukan untuk mengatasi stres pengasuhan yang dialami oleh ibu yang memiliki anak usia sekolah dasar melalui edukasi masyarakat mengenai peran mindful parenting terhadap stres pengasuhan.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Gani, Izmiyah Afaf Abdul - Personal Name
Pembimbing 1 Kumalasari, Dewi
Pembimbing 2 Karimulloh
Pembimbing 3
Edisi
No. Panggil S-319-PSI
ISBN/ISSN
Subyek PARENTS
MINDFUL PARENTING
Klasifikasi PSIKOLOGI
Judul Seri -
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas YARSI
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik
Abstrak / Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...