Peran trait mindfulness dan empati terhadap perilaku bullying pada remaja SMA serta tinjauannya menurut Islam. | |
---|---|
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana trait mindfulness dan empati secara bersama-sama berperan dalam menurunkan perilaku bullying pada remaja SMA di DKI Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penyebaran kuesioner kepada 200 remaja SMA dengan rentang usia 14-18 tahun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat ukur Mindful Attention Awareness Scale (MAAS), Basic Empathy Scale (BES), dan Olweus Bullying Questionnaire (OBQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindfulness dan empati secara bersama-sama dapat berperan dalam menurunkan perilaku bullying pada remaja sebesar 18,7% dan 81,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian semakin tinggi skor empati dan mindfulness, maka semakin rendah kemunculan perilaku bullying. Sebaliknya, semakin rendah skor empati dan mindfulness, maka semakin tinggi pula kemunculan perilaku bullying. Agama Islam mengajarkan manusia untuk berperilaku baik kepada sesama manusia dan mencegah seseorang untuk melakukan kemunkaran atau menyakiti orang lain. Dalam hal ini, Allah SWT menganjurkan manusia untuk mampu merasakan sesuatu yang dirasakan oleh orang lain agar terhindar dari perilaku menyakiti sesama manusia. |
|
Pernyataan Tanggungjawab | |
Pengarang | Nurfadillah, Anisa - Personal Name |
Pembimbing 1 | Listiyandini, Ratih Arrum |
Pembimbing 2 | Riani, Siti Nur |
Pembimbing 3 | |
Edisi | |
No. Panggil | S-191-PSI |
ISBN/ISSN | |
Subyek | EMPATHY TRAIT MINDFULNESS BULLYING MINDFUL ATTENTION AWARENESS SCALE (MAAS) BASIC EMPATHY SCALE (BES) OLWEUS BULLYING QUESTIONNAIRE (OBQ) |
Klasifikasi | S-191-PSI |
Judul Seri | - |
GMD | Text |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | Universitas YARSI |
Tahun Terbit | 2017 |
Tempat Terbit | Jakarta |
Deskripsi Fisik | xiv, 76 hlm., 28 cm |
Abstrak / Info Detil Spesifik | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
Ketersediaan | LOADING LIST... |