Pilih Bahasa  
Book's Detail
PEMAKNAAN PASIEN TERHADAP KOMUNIKASI PELAYANAN KESEHATAN DOKTER YANG BERTUGAS DI KLINIK DAN PUSKESMAS DI JAKARTA SERTA TINJAUAN DALAM ISLAM

Penelitian ini mencoba memahami fenomena pemaknaan pasien terhadap komunikasi pelayanan kesehatan dokter di fasilitas kesehatan primer yaitu klinik dan Puskesmas. Tujuan penelitian ini yaitu memahami esensi pengalaman pasien dan pemaknaanya terhadap komunikasi pelayanan kesehatan oleh dokter. Subjek penelitian berjumlah 6 orang, dengan 3 subjek merupakan pasien klinik dan 3 subjek adalah pasien Puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pemaknaan pada pasien klinik dan pasien Puskesmas terkait komunikasi pelayanan kesehatan dokter yaitu dilihat dari proses komunikasi, unsur-unsur komunikasi dan komunikasi efektif. Dalam mempersepsi komunikasi dokter, antara pasien klinik dan pasien Puskesmas dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mana pada pasien klinik lebih dipengaruhi faktor pemersepsi. Sedangkan, pada pasien Puskesmas lebih dipengaruhi oleh faktor target. Dalam pandangan Islam, pasien memaknai bahwasanya dokter merupakan perantara kesembuhan yang diberikan oleh Allah, sehingga dokter dalam memberikan komunikasi pelayanan kesehatan kepada pasien, hendaknya menggunakan komunikasi yang baik sesuai dengan prinsip-prinsip komunikasi Islami.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Hidayati, Rahmi Nur - Personal Name
Pembimbing 1 Caninsti, Riselligia
Pembimbing 2 Marhamah, Siti
Pembimbing 3
Edisi
No. Panggil S-190-PSI
ISBN/ISSN
Subyek KOMUNIKASI KESEHATAN - PSIKOLOGI
PERSEPSI PASIEN
Klasifikasi S-190-PSI
Judul Seri -
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Universitas YARSI
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik xix, 160 hlm., 28 cm
Abstrak / Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...