Pilih Bahasa  
Book's Detail
HUBUNGAN ANTARA SELF DIRECTED LEARNING READINESS (SDLR) DENGAN INDEKS PRESTASI (IP) SEMESTER PERTAMA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI TAHUN AKADEMIK 2016/2017 DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM

Latar Belakang: Mahasiswa tahun pertama memiliki masalah dalam proses adaptasi terhadap lingkungan belajar yang lebih banyak menuntut untuk belajar mandiri. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman mengenai faktor internal berupa Self Directed Learning Readiness (SDLR). Mahasiswa dengan SDLR lebih tinggi diharapkan mendapat hasil belajar yang optimal. Evaluasi hasil belajar tersebut dapat dilihat dari nilai Indeks Prestasi (IP). Dalam menuntut ilmu, ternyata motivasi dari Allah dan Rasul banyak ditemukan. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara Islam, ilmu, dan motivasi menuntut ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara SDLR dengan IP semester pertama mahasiswa FK Universitas YARSI tahun akademik 2016/2017 dan tinjauannya dari sudut pandang Islam.
Metode: Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survey analitik secara cross sectional. Populasi dan sampel adalah mahasiswa semester pertama FK Universitas YARSI tahun akademik 2016/2017. Pemilihan sampel menggunakan total sampling dengan syarat memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan data primer (skor SDLR) dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner, pengambilan data sekunder (nilai IP) diperoleh dari arsip Pusat Pendidikan Kedokteran (P2K) Universitas YARSI. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-square.
Hasil: Terdapat 151 responden (74.75%) dengan skor SDLR kategori tinggi dan 113 responden (55,9%) dengan IP memuaskan. Dari hasil uji statistik menggunakan uji Chi-square didapatkan nilai P = 0,213
Simpulan: Tidak ada hubungan antara SDLR dengan IP semester pertama mahasiswa FK Universitas YARSI tahun akademik 2016/2017. Menurut islam mahasiswa yang beriman akan mentaati aturan Allah, Rasul, dan juga pemimpinnya, termasuk mematuhi aturan Tri Dharma perguruan tinggi serta disiplin dalam perkuliahan. Hal-hal ini dapat menjadikan mahasiswa tersebut mendapat nilai IP yang lebih baik melalui doa dan usahanya sendiri, sebagaimana disebutkan dalam Q.S. Ar-Ra’d (13) ayat 11 “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang FATHI, GEMIA CLARISA - Personal Name
Edisi
No. Panggil S-6314-FK
ISBN/ISSN
Subyek Self directed learning readiness
indeks prestasi
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit FK Yarsi
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik xiii, 82 hlm ; 30 cm
Abstrak / Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...